Pengiriman Paket

Bagaimana cara saya untuk cek tarif/ongkir?

Untuk tarif/ongkir bisa kamu lihat pada menu cek tarif. Silahkan masukkan kota asal, kota tujuan, ukuran dan dimensi paket yang ingin kamu kirim.

Atau, kamu juga bisa mengunjungi toko Indomaret terdekat dan menanyakan langsung kepada tim toko.

INDOPAKET bisa kirim paket kemana saja?
INDOPAKET dapat mengirimkan paket ke seluruh wilayah Indonesia.
Berapa lama pengiriman dalam kota/luar kota?
Waktu yang dibutuhkan untuk paketmu sampai pada tujuan adalah tergantung dari kota tujuan yang dituju. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan pengecekan lama pengiriman paket melalui website atau aplikasi INDOPAKET.
Kamu juga dapat mengunjungi toko INDOMARET terdekat dan menanyakan langsung kepada tim toko.
Bagaimana cara mengirimkan paket melalui INDOPAKET?
Cara mengirimkan paket pada INDOPAKET dapat melalui 2 cara, yaitu:
  • WALK IN >> melalui cara ini kamu bisa mengirim langsung dari toko INDOMARET. Kamu akan dibuatkan nomor resi/airway bill (AWB) oleh kasir INDOMARET, yang akan digunakan untuk memproses pengiriman paket.
  • Aplikasi/Website >> melalui cara ini kamu bisa membuat nomor resi pada aplikasi. Nomor resi yang sudah ada dapat langsung diberikan kepada kasir toko INDOMARET beserta dengan paket yang akan dikirim, sehingga proses pengiriman paket di toko INDOMARET akan lebih cepat. 
Bagaimana cara membuat nomor resi melalui website/aplikasi?
Cara membuat nomor resi melalui website/aplikasi:
  1. Masuk ke menu pengiriman paket.
  2. Pilih layanan yang akan digunakan (Toko ke toko, toko ke alamat, atau titip paket).
  3. Menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
  4. Lakukan pengisian data yang diperlukan.
  5. Konfirmasi ulang data dirimu.
  6. Nomor resi sudah didapatkan, silahkan download dan cetak nomor resi lalu tempel pada paket yang akan dikirim.
Bagaimana cara mengirimkan paket, bila nomor resi sudah ada (karena pembuatan dari website/aplikasi) ?
Cara mengirimkan paket bila nomor resi sudah ada (karena pembuatan dari website/aplikasi):
  1. Bawa paketmu yang sudah ditempel nomor resi yang telah dibuat ke toko INDOMARET terdekat.
  2. Berikan paket kepada kasir INDOMARET.
  3. Lakukan pembayaran pada kasir, lalu paketmu siap untuk dikirimkan.
Bagaimana cara kirim paket langsung dari toko?
Cara menggunakan layanan Walk In atau kirim langsung dari toko INDOMARET:
  1. Bawa paketmu yang sudah ditempel nomor resi yang telah dibuat ke toko INDOMARET terdekat.
  2. Berikan pada petugas kasir untuk dibuatkan nomor resi paket dan diproses nomor resinya.
  3. Lakukan pembayaran pada kasir, lalu paketmu siap untuk dikirimkan
Apakah INDOPAKET memiliki fitur Sameday Service?
Untuk saat ini, layanan Sameday INDOPAKET masih dalam proses pengembangan, sehingga belum memiliki layanan Sameday Service.

Kriteria Paket

Berapa dimensi dan berat maksimal yang dapat dikirimkan melalui INDOPAKET?
  • Untuk maksimal dimensi paket yang dapat dikirimkan yaitu:
     50cm x 50cm x 50cm (
    Panjang x Lebar x Tinggi).
  • Untuk maksimal berat yang dapat dikirimkan adalah 15 kg.
  • Berat maksimal tersebut adalah berat keseluruhan dari kemasan dan fisik paket.

Note : INDOPAKET akan menampilkan tarif mana yang lebih besar antara volumetrik dan berat aktual paket.

Bila paket saya hilang, apakah mendapatkan penggantian?
Untuk mengatasi terjadinya kehilangan, INDOPAKET menghimbau agar:
  • Paket yang kamu kirim selalu diasuransikan, agar mendapatkan penggantian sesuai nilai paket.
  • Untuk paket yang tidak diasuransikan, penggantian maksimal 10x ongkos kirim atau harga paket (mana yang lebih rendah).

Note: nilai premi asuransi adalah 0,2% dari nilai paket.

Apakah INDOPAKET menerima pengiriman cairan, makanan kering/basah, hewan, atau tumbuhan?
  • INDOPAKET tidak melayani pengiriman berupa cairan, hewan maupun tumbuhan, seperti yang tertera pada “informasi barang yang tidak boleh dikirim”.
  • Makanan yang diijinkan adalah makanan yang tidak mudah basi, tidak berbau tajam dan tidak mudah hancur.
  • Jika terjadi kadaluarsa, berbau tajam dan makanan hancur maka bukan merupakan tanggung jawab INDOPAKET.
Apakah yang dimaksud dengan "Dangerous Goods" (DG)?
DG adalah zat yang memungkinkan terjadi bahaya terhadap kesehatan, keselamatan atau harta milik ketika diangkut dengan pesawat. Sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh International Air Transport Association (IATA), bahwa ada barang yang tidak boleh dibawa demi keselamatan dan keamanan penumpang karena dianggap dapat membahayakan penerbangan, yang disebut sebagai barang berbahaya dan dalam dunia penerbangan biasa disebut “Dangerous Goods” (DG).
Dalam Perusahaan jasa pengiriman barang Dangerous Goods diklasifikasikan menjadi 9 kelas yaitu :
• Kelas 1
1.1 Alkohol/minuman keras
1.2 Senjata api
1.3 Material perjudian/Pornografi
1.4 Uang/benda berharga
1.5 Bahan peledak
1.6 Bahan kimia
1.7 Bahan radioaktif
1.8 Obat - obatan terlarang
1.9 Bahan/barang berbahaya lainnya
1.10 Makanan cepat basi
• Kelas 2
Gas, dikelompokkan menjadi 3 divisi yaitu:
2.1 Untuk gas mudah menyala.
2.2 Untuk gas tidak mudah menyala dan tidak beracun.
2.3 Untuk gas yang tidak beracun.
• Kelas 3
Cairan mudah menyala. Kelas ini tidak mempunyai sub divisi.
• Kelas 4
Padatan mudah menyala, terdiri dari 3 divisi yaitu:
4.1 Untuk padatan mudah menyala.
4.2 Untuk padatan mudah terbakar secara spontan.
4.3 Untuk bahan yang bila kontak dengan air mengeluarkan gas yang mudah menyala.
• Kelas 5
Bahan pengoksidasi dan organik peroksida, dibagi menjadi 2 divisi yaitu:
5.1 Untuk bahan pengoksidasi.
5.2 Untuk organik peroksida.
• Kelas 6
Bahan beracun dan infectious, terdiri dari 2 divisi yaitu:
6.1 Untuk bahan beracun.
6.2 Untuk bahan infectious.
• Kelas 7
Bahan radioaktif.
• Kelas 8
Bahan korosif, tidak ada sub divisi.
• Kelas 9
Lain-lain.
Bagaimana cara penghitungan berat pada INDOPAKET?

Berat yang digunakan untuk perhitungan ongkir adalah berat terbesar dari hasil perbandingan antara berat aktual paket dan berat dimensi paket.
Rumus penghitungan Berat Dimensi = (panjang x lebar x tinggi) / 6.000

Bagaimana satuan dan cara pembulatan berat paket ?
Penghitungan berat pada INDOPAKET menggunakan satuan Kilogram (Kg), dengan pembulatan berat sebagai berikut:
0Kg -1,29 Kg  >>>  1 Kg

1,3Kg - 2,29 Kg  >>>  2 Kg

2,3Kg - 3,29 Kg  >>>  3 Kg

dst. hingga mencapai berat maksimal paket yaitu 15Kg.


Pengambilan Paket

Apakah paket harus diambil ditoko atau bisa kirim ke alamat?
Paket tidak harus diambil di toko. Kamu bisa menggunakan layanan Jemput & Antar Ke Alamat jika ingin diantar ke alamat tujuan.
Apabila PIN saya hilang, apa yang harus saya lakukan agar dapat mengambil paket?
  • PIN Pengiriman paket akan dikirimkan kepada penerima paket jika status paket sudah sampai di toko, melalui: Email, SMS, dan aplikasi.
  • Kamu juga dapat meminta PIN pengambilan paket kepada pengirim paket, yang terdapat pada menu riwayat pada aplikasi INDOPAKET.
  • Jika kamu tidak memiliki akun INDOPAKET dengan email terdaftar yang sesuai dengan email penerima, kamu dapat menghubungi call center INDOPAKET (24 Jam) di 1500280.   
Bagaimana saya bisa tahu toko yang saya tuju adalah benar toko tempat saya akan mengambil paket?
Kamu akan menerima notifikasi berupa link dari alamat toko pengambilan pada SMS yang kamu terima.
Berapa lama paket akan berada di toko pengambilan?

Kamu akan dapat mengambil paket yang sudah tiba di toko dalam jangka waktu 5 hari. Lebih dari itu, paket akan dikembalikan ke toko asal paket dikirimkan.

Informasi Lainnya

Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak dapat mengakses email saya karena diblokir atau lupa password?
Kamu dapat mengganti password email melalui fitur "Forgot Password" yang terdapat pada akun email.
Apa perbedaan INDOPAKET dibandingkan dengan layanan kurir lainnya dari sisi tarif dan keuntungan bagi pengguna jasa layanan?
  • INDOPAKET menawarkan tarif pengiriman yang lebih ekonomis dibandingkan jasa pengiriman paket lainnya
  • Dengan banyaknya toko INDOMARET yang berjumlah >20.000 toko, tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, INDOPAKET memberikan  kemudahan bagi sobat untuk mengirim, ambil, dan menitipkan paket di INDOMARET.
  • INDOPAKET melayani waktu pengambilan paket sesuai dengan jam operasional Toko INDOMARET (07.00 - 22.00 / 24 Jam).
Apa itu Seller Idaman?

Seller Idaman adalah program INDOPAKET yang menyediakan layanan menarik bagi para seller yang menggunakan jasa pengiriman INDOPAKET. Dapatkan keuntungan dan promo menarik melalui fitur ini!